Apa Itu Rush Money Dan Dampaknya Bagi Negara

Belakangan ini sering kita dengar kata rush money yang sebelumnya belum pernah kita dengar, istilah ini semakin sering muncul setelah aksi damai 4 november bela Al Quran yang dilakukan berbagai ormas islam dalam rangka menuntuk untuk segera di adilinya dugaan penista agama yang dilakukan oleh ahok.Setelah kejadian demo aksi damai 4 november itulah mulai terdengar kabar rush money yang akan dilakukan rakyat indonesia apabila nantinya proses hukum yang dilakukan kepada dugaan penistaan agama tidak berjalan dengan sesuai hukum yang adil.

 

Apa itu Rush Money – Pengertian Rush Money secara singkat adalah suatu gerakan menarik uang secara bersama-sama dari tabungan masing masing, dan dalam jumlah besar, bahkan tak jarang uang yang berada di tabungan atau BANK di habiskan tak tersisa lagi. dengan tujuan keguncangan perekonomian di dalam negeri,
 tujuannya adalah bisa jadi berbagi motiv bisa jadi karena kecewa dengan pemerintahan. Atau bisa juga karena ulah pihak asing yang sengaja menyulutnya untuk menghancurkan kestabilan perekonomian suatu negara.

Dampak dari Rush Money

Sekarang kita berbicara dampak dari gerakan rush money itu sendiri, saya tidak akan berbicara menggunakan bahasa yang tinggi atau dengan istilah perhitungan yang rumit, mari kita renungkan.
Bayangkan jumlah rakyat indonesia sekarang ini adalah 254,9 Juta, dari jumlah sebegitu banyak tentu tidak semua akan melakukan yang namanya rush money.
Kita ambil angka kecilnya saja.
Katakanlah 5 juta orang melakukan rush money dan dari 5 juta orang itu rata-rata tiap orang menarik uang yang mereka miliki di bank sebanyak 2 juta saja, di hari atau minggu yang sama.
Jika dikalikan jumlah semuanya adalah sekitar 10 triliunan, coba bayangkan bank yang berada di suatu negara mengalami hal demikian bisa terbayangkan apa yang akan terjadi ? tentu saja kekacauan.
Para Analis Ekonomi dan Politik Labor Institute Indonesia, yaitu Andy William Sinaga menyampaikan, Rush Money dapat menyebabkan tiga segi.
Diantaranya adalah sebagai berikut.

Dampak Ekonomi

Jika rush money benar-benar dilakukan maka akan timbul kekacauan dalam system perbankan, bank akan mengalami kekurangan uang cash, sehingga dapat menyebabkan gejolak ekonomi.

Dampak Sosial

Dengan bank yang mengalami kekacauan maka akan timbul juga keresahan di masyarakat, hal ini akan semakin menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia.

Dampak Politik

Dengan adanya gerakan rush money ini maka politik leader terutapa partai pendukung pemerintah bisa saja menarik konsensus untuk menarik dukungan kepada pemerintahan yang sah.
Sumber ini diambil dari : sumut.pojoksatu.co.id
Nah begitulah kengerian yang akan terjadi jika gerakan rush money benar-benar dilakukan, tentunya apa yang saja gambarkan diatas tidak 100% akurat karena masih banyak kemungkinan yang akan terjadi.

Bahaya di Balik Gerakan Rush Money

Ada banyak bahaya megintai jika gerakan rush money ini benar bear dilakukan, bayangkan saja negara yang tadinya normal makmur tiba-tiba terjadi gejolak di dalamnya, tentunya akan mebuat negara ini kacau balau, bahkan bisa jadi krisis di tahun 90 an terulang kembali.

 



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »