Cara: Buat Jaringan Nirkabel Hosted di Windows 7

Kembali pada tahun 2002, departemen penelitian di Microsoft mulai bereksperimen dengan virtualisasi
802.11 wireless adapters di bawah proyek kode nama VirtualWiFi. Mereka menemukan cara untuk membuat fisik Wi-Fi adapter tampilan tunggal seperti beberapa adapter pada Windows.


VirtualWiFi memungkinkan pengguna secara bersamaan terhubung ke beberapa jaringan nirkabel dengan hanya satu kartu nirkabel. Mereka berharap teknologi ini dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk diagnosis nirkabel dan pemecahan masalah, jaringan mesh Wi-Fi, jalur akses virtual, dan nirkabel berulang.

Apa yang dimaksud dengan wireless Hosted Network?

Meskipun proyek VirtualWiFi dibubarkan sebelum fitur ini sepenuhnya dilaksanakan, Microsoft telah memasukkan beberapa fungsi yang mendasari di Windows 7 dan Windows Server 2008 R2. Microsoft menciptakan nama, wireless Hosted Jaringan, untuk fitur baru ini.


Nirkabel Hosted fitur jaringan menggunakan teknologi VirtualWiFi bersama dengan fitur software berbasis titik akses (AP). Dengan demikian, memungkinkan siapa saja dengan didukung Wi-Fi adapter dan sopir untuk menjadi AP nirkabel untuk pengguna lain Wi-Fi, sementara juga memiliki kemampuan untuk terhubung ke jaringan nirkabel lain. Ini juga mencakup server DHCP, sehingga pengguna secara otomatis menerima alamat IP.  
Salah satu penggunaan fitur baru ini mungkin untuk memperpanjang koneksi dibayar-Internet sebuah hotel untuk pengguna Wi-Fi lainnya secara gratis-tidak bahwa saya menganjurkan praktek ini. Penggunaan lain lebih sah mungkin untuk "mengulang" sinyal jaringan. Dalam kasus apapun, itu berfungsi sebagai AP ponsel cepat.

Lain mungkin mengatakan bahwa Anda dapat menggunakan virtual AP ini sebagai hotspot Wi-Fi. Hanya ingat, meskipun nirkabel Hosted Jaringan dienkripsi, memberikan kunci terdiri keamanan. Orang-orang dengan kunci bisa mengintip pada pengguna lain yang terhubung. Ditambah pengguna mungkin memberikan kunci kepada orang lain.
 


Akhir-pengguna dapat berinteraksi dengan wireless Hosted Jaringan melalui alat baris perintah netsh. Pengembang perangkat lunak juga dapat menulis front-end utilitas, seperti Connectify, atau menggunakan kemampuan dalam aplikasi pihak ketiga lainnya. Pada artikel ini, kita akan bereksperimen dengan alat netsh.

Memulai dengan nirkabel Hosted Networks

Dalam rangka untuk menggunakan nirkabel Hosted fitur jaringan, adaptor nirkabel Anda harus menggunakan driver disertifikasi untuk Windows 7. Jika Windows mendeteksi adaptor didukung, maka secara otomatis akan menambahkan koneksi ke jendela Network Connections, bernama Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter, seperti Gambar 1 menunjukkan. Jika beberapa didukung-adapter ada, Windows secara otomatis akan memilih salah satu yang akan digunakan untuk wireless Hosted Network.

 Microsoft mengharuskan semua nirkabel Hosted Networks untuk menggunakan WPA2-PSK (AES) enkripsi. Namun, tidak ada mekanisme diberlakukan untuk mencegah file sharing. Host dan klien harus secara manual melindungi saham jika tidak semua pengguna bisa dipercaya.



Selain itu, perlu diingat bahwa nirkabel Hosted Networks tidak secara otomatis restart setelah komputer kembali dari tidur, hibernasi, atau restart. Namun, jika digunakan, utilitas pihak ketiga mungkin melakukan rekoneksi a. Jika Anda secara manual memulai nirkabel Hosted Jaringan lagi, Windows akan menggunakan rincian jaringan yang dimasukkan sebelumnya sekalipun.


Manual membuat virtual AP dengan netsh

Jika Anda ingin bereksperimen dengan wireless Hosted fitur jaringan dengan perintah teks, klik tombol Start, masukkan "cmd" dan tekan Enter. Setelah jendela Command Prompt muncul, Anda dapat memasukkan berikut untuk mengatur rincian jaringan:


netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=YourVirtualNetworkName  key=YourNetworkPassword
 Tentu saja, mengganti SSID dan placeholder kunci dengan nama jaringan yang Anda inginkan dan WPA2-PSK kunci enkripsi.

 Sebelum Anda mengaktifkan Hosted Jaringan, Anda dapat mengkonfigurasi adapter jaringan nyata untuk berbagi akses Internet dengan menggunakan Internet Connection Sharing (ICS) fitur Windows. Dengan cara ini orang menghubungkan ke virtual AP akan menerima akses internet. Anda dapat meninggalkan Command Prompt terbuka sehingga Anda dapat mulai Jaringan Hosted nanti.

Untuk mengaktifkan ICS, menavigasi melalui Control Panel atau Network and Sharing Center untuk membuka jendela Network Connections. Kemudian klik kanan adaptor jaringan yang terhubung ke Internet dan pilih Properties. Kemudian pilih tab Sharing, centang Izinkan pengguna jaringan lain untuk terhubung melalui koneksi internet komputer ini, pilih Hosted Network Connection dari listbox drop-down, dan klik OK. Lihat Gambar 2 untuk contoh.

 Sekarang kembali ke Command Prompt dan masukkan berikut untuk mengaktifkan Hosted Jaringan:
netsh wlan start hostednetwork
Untuk secara manual mengubah Hosted Jaringan off, masukkan berikut ini: 
 netsh wlan stop hostednetwork
Untuk melihat Hosted rincian Jaringan (lihat Gambar 3), termasuk alamat MAC dari pengguna terhubung, masukkan berikut ini: 
netsh wlan show hostednetwork

Untuk mengubah kunci WPA2-PSK, Anda dapat memasukkan berikut:

Ini adalah AP virtual

Sekarang orang lain di dekatnya harus melihat Hosted Jaringan muncul dalam daftar mereka dari jaringan nirkabel yang tersedia. Mereka dapat menghubungkan seperti biasa dan masukkan kunci enkripsi saat diminta.
Ingat, Anda harus mulai secara manual Jaringan Hosted lagi, jika diinginkan, setelah reboot komputer. Yang paling penting, ingat berbagi tidak diblokir; pastikan Anda hanya mengundang orang-orang yang Anda percaya.
Eric Geier adalah pendiri dan CEO dari NoWiresSecurity, yang membantu bisnis mudah melindungi Wi-Fi dengan enkripsi tingkat perusahaan dengan menawarkan layanan otentikasi RADIUS / 802.1X outsourcing. Dia juga penulis banyak buku jaringan dan komputasi, untuk merek seperti For Dummies dan Cisco Teka


🔊 🅵⭕LL🇴🇼    ⭐⭐⭐⭐⭐

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »